Friday, 26 July 2013

Mengenal Cipto Junaedy Sang Pakar Bisnis Properti

Banyak cara untuk menuju sukses. Salah satunya adalah dengan bergelut pada dunia bisnis. Cipto Junaedy terkenal sebagai sosok yang berhasil menjalankan bisnis properti tanpa modal sekalipun. Beliau memiliki strategi yang efisien dalam membongkar paradigma masyarakat tentang bisnis. Dibalik kesuksesannya, ternyata pakar bisnis properti ini juga sangat low profil. Beliau selalu terlihat ramah dan mau bergaul terhadap siapa saja meskipun dalam status sosial dan strata yang berbeda. Hampir semua golongan masyarakat, mulai dari ibu rumah tangga, penjual bakso, pedagang, pemilik toko, karyawan, pemilik bimbel, hingga direktur selalu siap dibantu olehnya.
Kesuksesan Cipto Junaedy dalam melakukan bisnis properti tanpa uang dan tanpa utang membuatnya dikenal oleh masyarakat. Beliau juga telah membagikan ilmunya melalui buku maupun ratusan seminar yang dilakukan. Yang menarik dari sosoknya adalah Beliau mampu menciptakan strategi yang mematahkan strategi bisnis dari Kiyosaki dan Dolf De Ross yang mengatakan bahwa setiap orang membutuhkan modal dalam memulai bisnis. Seminar yang diadakan olehnya selalu ramai dikunjungi para calon wirausahawan maupun wirausahawan muda yang sedang merintis karir. Saking terkenalnya, setiap seminar yang dibuat selalu ramai dibicarakan di berbagai media massa. Bisa dibilang jika seminar yang diadakan olehnya adalah yang paling besar dan populer saat ini. Yang menarik, Beliau tidak pernah menggunakan sponsor atau iklan dari pihak luar dalam menyelenggarakan seminar. Beliau ingin agar isi seminar yang dibuatnya benar-benar ekslusif dan tanpa kepentingan dari pihak lain.
Dalam waktu yang tidak terlalu lama sejak seminar pertamanya, Cipto Junaedy sudah memberikan ilmu bisnis kepada lebih dari 500.000 orang. Angka yang cukup besar dan terus bertambah secara signifikan. Hal ini adalah sebuah prestasi yang cukup membanggakan. Seminarnya berhasil menarik perhatian dari seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari lapisan atas seperti direktur, pengusaha, anggota parpol, artis televisi, dokter, anggota DPR, pemuka agama hingga lapisan yang sederhana seperti mahasiswa, ibu rumah tangga, pensiunan, pedagang, guru dan relawan korban bencana.

Cipto Junaedy tidak hanya pintar dalam membuat buku dan mengadakan seminar saja, Beliau juga sudah merealisasikan sendiri strategi bisnisnya. Sebagai contoh, sejumlah properti strategis yang ada di berbagai kota besar baik di dalam maupun luar negeri sudah berhasil dimilikinya. Bahkan Beliau mampu memiliki 90 unit apartemen di daerah Jakarta dari developer yang sudah cukup terkenal. Semua itu bisa dimilikinya hanya dalam waktu 15 hari saja. Sebagai seorang pakar bisnis, Beliau telah membuktikan keberhasilan strateginya sendiri.

Melalui buku dan seminar, Cipto Junaedy berusaha untuk membantu kehidupan semua golongan masyarakat menjadi lebih baik. Tanpa pandang bulu, Beliau mengajarkan ilmunya kepada semua orang. Mereka diajari untuk bisa beli property tanpa utang alias kontan Hingga saat ini, jumlah murid Beliau semakin bertambah dan terus bertambah. Muridnya sudah tersebar di banyak kota, tidak hanya di Indonesia saja, namun juga sudah merambah ke luar negeri. Banyak dari muridnya tersebut yang sudah mempraktekkan strategi properti dari Beliau dan sudah mendapat kesuksesan.

Saat ini, Cipto Junaedy dikenal sebagai sosok yang multitalenta. Beliau adalah seorang pebisnis, investor, motivator, dan juga penulis buku. Buku karangan Beliau diterbitkan oleh salah satu penerbit terbesar di Indonesia, PT Gramedia Pustaka Utama. Buku-buku tersebut berisi tentang metode dan strategi yang digunakan dalam berbisnis properti. Hasil penjualan buku tersebut ternyata juga menuai sukses besar. Bukunya menjadi best seller dan selalu mengalami cetak ulang hingga berkali-kali hanya dalam jarak beberapa hari saja. Hal ini membuktikan bahwa buku karangan Beliau sangat bermutu dan disukai oleh banyak orang.

Buku pertama yang dibuat oleh Cipto Junaedy adalah Strategi Membeli Banyak Properti Tanpa Uang Tanpa KPR, Nggak Perlu Nunggu Harga Miring. Buku tersebut diterbitkan pada tahun 2009 melalui penerbit Gramedia Pustaka Utama. Setahun berikutnya, Beliau kembali menerbitkan buku keduanya yang berjudul 6 Bulan Bisa Beli Properti KONTAN! Tanpa Uang Tanpa KPR, Nggak Perlu Nunggu Harga Miring. Buku tersebut kembali diterbitkan oleh penerbit yang sama. Lalu, melengkapi koleksi bukunya, Beliau kembali menerbitkan buku baru hanya dalam jangka waktu satu tahun. Buku ketiganya ini berjudul Strategi Membeli Bisnis dan Franchise Tanpa Uang Tanpa Utang terbitan tahun 2011.




Kehebatan Cipto Junaedy dalam meracik strategi bisnis tidak lepas dari pengalaman kerjanya. Beliau pernah menjabat sebagai Group Finance Director. Ini adalah jabatan manajemen puncak. Dengan jabatan ini, Beliau memiliki wewenang dalam mengatur 13 buah perusahaan asing dengan total aset mencapai lebih dari USD 500 juta. Selain jabatan tersebut, Beliau juga telah memiliki pengalaman yang matang dalam berbagai pekerjaan, seperti keuangan, industri manufaktur, trading, korporasi, dan bisnis lainnya. Bidang konsentrasi yang dipilih oleh Beliau juga cukup banyak, meliputi debt restructuring, corporate budgeting, strategic tax planning, banking, strategic comprehensive financial planning, shareholders issues management dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan begitu banyak pengalaman kerja yang dimiliki, tidaklah mengherankan apabila Beliau menjadi salah satu pakar bisnis properti terbaik di Indonesia.

Pengalaman bisnisnya juga patut diacungi jempol. Cipto Junaedy pernah melakukan haircut hingga 70 persen dari total utang yang cukup besar mencapai USD 100 juta. Tidak hanya itu, caplok mencaplok perusahaan juga rutin dilakukan termasuk bisnis properti. Beliau sudah seringkali melakukan perjalanan ke luar negeri dalam rangka melakukan bisnisnya. Berbagai negara di penjuru dunia telah dikunjungi olehnya. Jepang sendiri sudah pernah dikunjungi sebanyak lebih dari 30 kali. Kunjungannya ke Jepang dalam rangka untuk melakukan negoisasi bisnis di berbagai bidang, termasuk manufacturing, trading dan banking.


Cipto Junaedy memulai seminar strategi bisnis propertinya sejak menginjak usia 35 tahun. Seminar tersebut diselenggarakan tidak hanya di kota kota dalam negeri saja, namun juga di luar negeri. Berbagai kota besar dalam negeri seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Palembang dan lainnya sudah pernah mendapat seminar dari Beliau. Salah satu misi yang Beliau harapkan adalah ingin agar semua orang bisa memiliki properti sebanyak-banyaknya, minimal sama dengan jumlah anak yang dimiliki. Dan cara mendapatkan properti tersebut adalah tanpa uang dan tanpa utang. Sungguh merupakan misi yang mulia. Menurut Beliau, utang bukanlah jawaban untuk bisa memiliki properti. Malah dengan adanya utang, hal ini akan membuat orang menjadi terbebani dan bisa menyiksa diri dan keluarga. Oleh karena itu, Beliau juga tidak lupa mengajarkan bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat.

Download article ini dalam format pdf di sini

Facebook Bp. Cipto Junaedy
Twitter Bp. Cipto Junaedy

No comments:

Post a Comment

Post a Comment